Enjoy it's your self

campur aduk menjadi satu

Cara Kreatif Membuat AC Sendiri

diambil dari notes  fbnya bapak Aidil Heryana ,membuat AC sendiri dengan menggunakan kipas angin, dan dia sudah mencobanya pas ada ta’lim dan pas ramai orang..keren banget nich..bagi yang tidak punya AC dirumah sendiri (termasuk saya :D ).yuuk langsung aja..

Hawa panas belakangan ini, ekstrim banget. Di rumah panas, di jalan panasnya minta ampun.
Bagi sebagian orang–berkantong tebal–hal ini bukan masalah, di rumah bisa pasang AC, di jalan bisa milih kendaraan ber-AC pula.

Nah masalahnya sekarang buat yang berkantong tpis harus rela berpanas-panas ria…karena apa daya gak kuat beli AC ato daya Listrik kurang buat pasang AC….*situasi makin panas nih!!!

JANGAN MENYERAH! Ayo putar otak, cari solusi untuk dapetin suasana dingin.
Uups… setelah browsing sana-sini, akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana. Murah meriah, cuma perlu kreativitas aja kok!

OK kita mulai deh…

Bahan-bahan :
Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″ panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) Rp 8000 – Rp 13.000/meter
Cable Ties secukupnya
Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) Rp 45.000 – Rp 65.000/pcs
Pipa plastik 3/16″ beli di toko bangunan. Harga -
Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga tidak termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll
Langkah-langkah!
1. Siapkan kipas angin dan copper Tubing
2. Lilitkan copper tubing di depan kipas angin.

Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah

Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah


Kencangkan dengan memakai kabel ties


Tinggal sambung aja. Gak perlu repot.

3. Sambungkan pipa tembaga dengan pipa plastik

Kalau pas dapat pipa yang ukurannya beda, bisa dikencangkan dengan menggunakan klem. Maksudnya agar tidak bocor.


4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah mo pake yg sebelah mana.

Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air


Nah sekarang, saatnya buat uji coba hasil besutan kita….
Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!

AC sederhana siap bertugas mendinginkan suasana! Wuihh sueejuukk.
Selamat mencoba.
Prinsip kerjanya begini nih bro, sederhana aja kok!
– Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
– Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
– Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.

Maka, dingin deh ruangannya… Its simple!
Cocok buat kamar yang tertutup (seperti halnya AC agar dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).

55 comments on “Cara Kreatif Membuat AC Sendiri

  1. ardian eko
    June 21, 2010

    Ok mas saya coba deh nanti.. Kalau air nya diganti panas kira2 bisa ga ya? masalahnya dikamar saya terlalu dingin

    • mitsikuri
      June 23, 2010

      iya mas silahkan dicoba… klo air panas saya kurang tau mas..
      panggil saya mbak aja y mas :)

      • bujang
        August 2, 2011

        sedikit masukan mbak dari saya teknisi ac ,,kalau bisa pompa airnya ditaruh ditaruh dalam box sayur paling bawah kulkas aja mbak dan diisi air kulkasnya di bolongin dikit buat slang airnya saya udah coba tapi bukan pake kipas tapi pake indor ac split dan hasilnya mantap kulkasnya jadi multi fungsi deh dari pada masangin outdor boros listrik,,,wkwkwk

      • tampan
        September 5, 2012

        boleh kenal ga mbak

      • Haris
        February 20, 2014

        Mbk,, kipas angin yang mbk contohkan itu kipas angin duduk , seandainya di ganti kipas angin yang berdiri n muter itu bisa g ya ?

    • indri
      September 24, 2012

      bisa pake api ungun aja mas…..dodol

    • indri
      September 24, 2012

      Bisa ams eko Esnya aja diganti ama Api ungun.. pasti dech dijamin puanas… tuh…

  2. ridwan
    August 15, 2010

    pipa tembaga yang d sambung ujungnya di sambung kemana lagi mbak…

  3. wong kulon
    September 5, 2010

    mkch atas infonya sy kan coba moga bmanfaat

  4. atoel sweet
    February 1, 2011

    wah…..hebat….saya pngen deh jadinya…tapi kok ribet?

  5. wong jogja
    February 25, 2011

    mendingan gantungin aj ice gel. cm mdl 17 rb per kantong. kalo maw tambah dingin tinggal banyakin kantong ice gel yg digantung

  6. aink
    June 2, 2011

    ada cara yang lebih asik mba klo kpanasan d ruang tertutup….
    komponen pendingin kulkas kita rombak, trus di pasang di dalem ruangan tanpa box kulkas tersebut…hohohoho

  7. Ardanari
    June 7, 2011

    great idea, sis..
    thank’s a lot..

  8. hermansyah
    June 29, 2011

    seeeeep

  9. iee_mhaa
    August 4, 2011

    hmmmmmmmm
    like.like.like……..
    keren..

  10. rasiddiq
    August 22, 2011

    wah mesti di coba nih..
    ini copas ya gan..

  11. erfan
    September 23, 2011

    Pipa tembaga tu pipa kapiler ya?
    Tambahan aja nih, klo mau lbh g ribet,pake aja air es instan, salam 1 menit bisa sampe 15 celsius
    Bahan:

    1. Gelas
    2. Garam
    3. Gula
    4. Cuka
    5. Air

    Caranya:
    1. Isi gelas dengan air putih biasa secukupnya
    2. Masukin garam 1 sendok makan, lalu aduk
    3. Masukin gula 1 sendok makan lalu aduk
    4.Terakhir masukin tuh cukanya 1 sendok makan juga lalu aduk
    5 diemin slama 1 menit/lebih trus lihat suhunya pake termometer
    Alhasil g sampe 1 menit sudah 15 derajat celcius.
    Shalom

  12. cahyo
    October 10, 2011

    selang tembaganya diganti sama selang biasa bisa gak gan

    • Rahardjo Koko
      January 2, 2013

      Pke selangkangan Mas :D

      • kus
        March 16, 2013

        uhhhhhhhhhhh…ada ae

      • ekooo
        July 7, 2014

        ahaaa

  13. alan
    October 18, 2011

    kan Q coba mba’…

  14. Toyot
    October 29, 2011

    Hore berhasil…sejuk tp di kamar ribet.

  15. aditya darmawan
    January 31, 2012

    makasih mba akan ku coba buat sendiri

  16. sistemat
    April 20, 2012

    ♥♫☼►◄↕‼♀¶§▬↨↑

  17. nur adhi nugroho
    April 21, 2012

    uda beli bahan2 nyari sana sini, ngabisin waktu 2 jam buat utak atik bikin sesuai tutorial, airnya saya bikin setengah tandon plus esnya yg banyak. pengaruh juga, tapi klo pas malem hari jadi cuma pengaruh dikit kali ya.. first time trial pas malem2 soalnya. hehehe… besok siang pas terik kucoba deh pengaruhnya kaya gimana….

  18. Ndi Sandi
    April 27, 2012

    Ok mas, kamar saya sekarang dingin.

  19. tayfiq
    July 10, 2012

    maw nanya mba klu kipas ac ny di taro di kamar pasti dingin nga mba ???

  20. ATHENA
    July 26, 2012

    sip

  21. ulama ahmad
    August 24, 2012

    wuiih keren… pas untuk semarang yang panas

  22. Kandar
    August 31, 2012

    Keren abis n kreatif..thanks mbak…..

  23. yance winokan
    October 15, 2012

    klow kita yg di Ratahan perlu yg, gingin agar bisa di bawa kemana ajak ES batu langsung adem…..

  24. dicky
    October 20, 2012

    ada yang sudah coba, dingin gak hasilnya???

  25. fahri
    November 18, 2012

    Gan kalau mesin pompanya di luar gak papa kan gak musti di dalam tempat ikan tuh jga kan

  26. Refangga Cie Rajua Guembell
    November 27, 2012

    .mbak….ada cara lagi buat bkin AC gak>>???

  27. kus
    March 16, 2013

    patut di coba nih….

  28. alya binaraja
    May 4, 2013

    kalo gak pake pompa bisa gak,la aku gak duwe duit j e

  29. alya binaraja
    May 4, 2013

    mba’e gimana kalo mba’e bikinin aq

  30. asriani
    June 19, 2013

    untuk ruangan ukurn 5 x 4 perlu ukuran berapa wadah esx?

  31. departemen
    October 8, 2013

    pengen dengen tidur di atas genteng ok!

  32. departemen
    October 8, 2013

    saya punya yg paling ampuh dari si mbak rumahnya gak usah pakek genteng

    • Amir Mustofa
      October 27, 2013

      kan airnya dingin terus kan pasti di pipa tembaganya ngembun kan terus basah, ntar air embunnya netes gak?

  33. fie
    November 22, 2013

    ide nya bagus banget,, ta saya belom mengerti pemasangan pompa airnya gimana? tolong dijelasin dong?

  34. Johnny Nelson Simamora
    December 1, 2013

    Terima kasih mba, blog-nya, aku mau coba….. siiiip buanget, daripada beli AC. 2jt. paling – paling kl begini cuma 100rb. Oke… teman – teman yang lain….. teeestt….!!!!

  35. Johnny Nelson Simamora
    December 1, 2013

    Friends…. Mari kita selamatkan ozon , dengan membuat AC sendiri, lapisan ozon kita semakin menipis, akibatnya dari gas klorin yang menguap diatmosphere dari freon memecah O3 ozone, 1 atom klorin dapat memecah jutaan ikatan O3 ozone, ini adalah daya perusak yang ditimbulkan oleh gas freon dilapisan atmophere, yang mana ozone berfungsi sebagai filter radiasi sinar matahari yang cukup berbahaya.

    • Efey
      December 5, 2013

      harus diakui ini alat yang kreatif, tapi menurut saya masih bisa disempurnakan.
      dari segi penghematan biaya memang jelas apabila dibandingkan dengan harga AC yang mahal. tapi dari sisi konsumsi energi dan efek negatif freon sama saja.
      alasannya:
      pada alat ini heat absorption (penyerapan panas) terjadi karena kontak angin dan coiling pipa tembaga, tapi beban pelepasan kalor yang utama di bebankan pada Es batu. dan kita tahu bahwa es batu harus dibuat di refrigerator/lemari es yang menggunakan refrigerant (CFC, HCFC..dll).

      • seng seng
        December 26, 2013

        klo gag mau merusak ozon, gnti refrigeran aja mas dengan hydrocarbon punya pertamina musicool mc-12, 22, 134. ramah lingkungan.
        tp trik mbaknya mantaf jg eh. cuma kelembaban udara tinggi ntr bisa paru” basah.
        jd klo g mau paru” basah kipasnya jgn diarahkan ke org. biarkan mengarah ke tembok atau tempat yg gag ada org. prinsip kerjanya sama ky ac menyerap panas.
        sdkit masukan

      • ito
        March 15, 2014

        ga semua refrigerant bikin rusak ozon bro, cuma yg jenis halogen aja yg ngerusak ozon, biasa kita kenal pake istilah freon…

  36. edy sujasmin (@edy_sujasmin)
    December 30, 2013

    Wah musti banyak stok es batu ne, baru bisa dingin…hhe

  37. Ipit
    January 30, 2014

    Mas klau pipa tembaganya di ganti ma pipa Plastik…bisa ndak Mas??

    • dono
      April 1, 2014

      pake pipa rokok juga boleh kok bos -_-

  38. Johnny Nelson S.
    March 12, 2014

    Mas Erdian kalau kamarnya terlalu dingin pasang genset aja didalam kamarnya mas, dijamin deh… Pasti josss…, soalnya kl pakai air panas, ntar dingin lagi….

  39. ito
    March 15, 2014

    alternatif lain : celupin ayam kampung ke air, iket kakinya pake tali, gantung di plafon…..klepek2…., dingin deh…!!!

  40. anjas
    April 6, 2014

    mesin pompa aquariumnya tuch sama ama yg oksigen ya gan???

  41. dessy
    May 1, 2014

    makasih ya, mau coba ah,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 11, 2010 by in Campur Sari, Cerita Bagus and tagged , .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: