Cara Kreatif Membuat AC Sendiri

diambil dari notes  fbnya bapak Aidil Heryana ,membuat AC sendiri dengan menggunakan kipas angin, dan dia sudah mencobanya pas ada ta’lim dan pas ramai orang..keren banget nich..bagi yang tidak punya AC dirumah sendiri (termasuk saya :D ).yuuk langsung aja..

Hawa panas belakangan ini, ekstrim banget. Di rumah panas, di jalan panasnya minta ampun.
Bagi sebagian orang–berkantong tebal–hal ini bukan masalah, di rumah bisa pasang AC, di jalan bisa milih kendaraan ber-AC pula.

Nah masalahnya sekarang buat yang berkantong tpis harus rela berpanas-panas ria…karena apa daya gak kuat beli AC ato daya Listrik kurang buat pasang AC….*situasi makin panas nih!!!

JANGAN MENYERAH! Ayo putar otak, cari solusi untuk dapetin suasana dingin.
Uups… setelah browsing sana-sini, akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana. Murah meriah, cuma perlu kreativitas aja kok!

OK kita mulai deh…

Bahan-bahan :
Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″ panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) Rp 8000 – Rp 13.000/meter
Cable Ties secukupnya
Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) Rp 45.000 – Rp 65.000/pcs
Pipa plastik 3/16″ beli di toko bangunan. Harga –
Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga tidak termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll
Langkah-langkah!
1. Siapkan kipas angin dan copper Tubing
2. Lilitkan copper tubing di depan kipas angin.

Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah
Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah

Kencangkan dengan memakai kabel ties

Tinggal sambung aja. Gak perlu repot.

3. Sambungkan pipa tembaga dengan pipa plastik

Kalau pas dapat pipa yang ukurannya beda, bisa dikencangkan dengan menggunakan klem. Maksudnya agar tidak bocor.

4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah mo pake yg sebelah mana.
Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air

Nah sekarang, saatnya buat uji coba hasil besutan kita….
Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!

AC sederhana siap bertugas mendinginkan suasana! Wuihh sueejuukk.
Selamat mencoba.
Prinsip kerjanya begini nih bro, sederhana aja kok!
– Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
– Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
– Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.

Maka, dingin deh ruangannya… Its simple!
Cocok buat kamar yang tertutup (seperti halnya AC agar dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).

57 thoughts on “Cara Kreatif Membuat AC Sendiri

      1. sedikit masukan mbak dari saya teknisi ac ,,kalau bisa pompa airnya ditaruh ditaruh dalam box sayur paling bawah kulkas aja mbak dan diisi air kulkasnya di bolongin dikit buat slang airnya saya udah coba tapi bukan pake kipas tapi pake indor ac split dan hasilnya mantap kulkasnya jadi multi fungsi deh dari pada masangin outdor boros listrik,,,wkwkwk

      2. Mbk,, kipas angin yang mbk contohkan itu kipas angin duduk , seandainya di ganti kipas angin yang berdiri n muter itu bisa g ya ?

  1. mendingan gantungin aj ice gel. cm mdl 17 rb per kantong. kalo maw tambah dingin tinggal banyakin kantong ice gel yg digantung

  2. ada cara yang lebih asik mba klo kpanasan d ruang tertutup….
    komponen pendingin kulkas kita rombak, trus di pasang di dalem ruangan tanpa box kulkas tersebut…hohohoho

  3. Pipa tembaga tu pipa kapiler ya?
    Tambahan aja nih, klo mau lbh g ribet,pake aja air es instan, salam 1 menit bisa sampe 15 celsius
    Bahan:

    1. Gelas
    2. Garam
    3. Gula
    4. Cuka
    5. Air

    Caranya:
    1. Isi gelas dengan air putih biasa secukupnya
    2. Masukin garam 1 sendok makan, lalu aduk
    3. Masukin gula 1 sendok makan lalu aduk
    4.Terakhir masukin tuh cukanya 1 sendok makan juga lalu aduk
    5 diemin slama 1 menit/lebih trus lihat suhunya pake termometer
    Alhasil g sampe 1 menit sudah 15 derajat celcius.
    Shalom

  4. uda beli bahan2 nyari sana sini, ngabisin waktu 2 jam buat utak atik bikin sesuai tutorial, airnya saya bikin setengah tandon plus esnya yg banyak. pengaruh juga, tapi klo pas malem hari jadi cuma pengaruh dikit kali ya.. first time trial pas malem2 soalnya. hehehe… besok siang pas terik kucoba deh pengaruhnya kaya gimana….

  5. Friends…. Mari kita selamatkan ozon , dengan membuat AC sendiri, lapisan ozon kita semakin menipis, akibatnya dari gas klorin yang menguap diatmosphere dari freon memecah O3 ozone, 1 atom klorin dapat memecah jutaan ikatan O3 ozone, ini adalah daya perusak yang ditimbulkan oleh gas freon dilapisan atmophere, yang mana ozone berfungsi sebagai filter radiasi sinar matahari yang cukup berbahaya.

    1. harus diakui ini alat yang kreatif, tapi menurut saya masih bisa disempurnakan.
      dari segi penghematan biaya memang jelas apabila dibandingkan dengan harga AC yang mahal. tapi dari sisi konsumsi energi dan efek negatif freon sama saja.
      alasannya:
      pada alat ini heat absorption (penyerapan panas) terjadi karena kontak angin dan coiling pipa tembaga, tapi beban pelepasan kalor yang utama di bebankan pada Es batu. dan kita tahu bahwa es batu harus dibuat di refrigerator/lemari es yang menggunakan refrigerant (CFC, HCFC..dll).

      1. klo gag mau merusak ozon, gnti refrigeran aja mas dengan hydrocarbon punya pertamina musicool mc-12, 22, 134. ramah lingkungan.
        tp trik mbaknya mantaf jg eh. cuma kelembaban udara tinggi ntr bisa paru” basah.
        jd klo g mau paru” basah kipasnya jgn diarahkan ke org. biarkan mengarah ke tembok atau tempat yg gag ada org. prinsip kerjanya sama ky ac menyerap panas.
        sdkit masukan

      2. ga semua refrigerant bikin rusak ozon bro, cuma yg jenis halogen aja yg ngerusak ozon, biasa kita kenal pake istilah freon…

  6. Mas Erdian kalau kamarnya terlalu dingin pasang genset aja didalam kamarnya mas, dijamin deh… Pasti josss…, soalnya kl pakai air panas, ntar dingin lagi….

  7. alternatif lain : celupin ayam kampung ke air, iket kakinya pake tali, gantung di plafon…..klepek2…., dingin deh…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s