Akhirnya berhasil juga upload web percobaan Pasca STIKOM

website percobaan pascaWeb percobaan ini dibuat berhubung direktur pasca sarjana stikom pak wawan meminta saya untuk mengadakan pelatihan pembuatan web pasca sarjana stikom selama 3 hari. Pelatihan ini dimulai hari selasa kemaren dan terakhir hari ini.

Karena pelatihan ini hanya 3 hari dan lebih kurang 3 jam/hari, maka saya adakan aja pelatihan tentang pembuatan website dengan joomla, bagaimana cara instalasi dan cara upload di internet. Mau gak mau saya juga harus ikutan membuat website dengan joomla1.5.6 ini.

Untuk upload web disini saya menggunakan hosting gratis ( maklum kan br uji coba..hehee..) yaitu my-place.us . Dibutuhan waktu 2 jam untuk mengupload filenya, dikarenakan flashnya lelet banget.hiks..hiks..Tapi, alhamdulillah akhirnya berhasil juga. Walaupun templatenya gak sesuai dg stikom sendiri (warna pink) tp gak pa pa lah, karna saya suka merah. headernya pun gak sesuai..hehee…

untuk melihat hasilnya silahkan di klik disini .

Ditunggu kritikan pedas atau manisnya.heheee..^^

Advertisements

Merubah menu/tombol pada joomla

Kemaren kita sudah mencoba merubah skin template joomla . Sekarang kita akan mencoba merubah menu/tombol pada joomla. Kita dapat merubah/ edit/ insert tombol yang ada di Main Menu dengan gampang,kembali ke Back End, dan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

 

  • Pilih Menu manager
  • Edit Menu Item
  • Pilih Apply

 

Contoh satu saja. Untuk merubah tulisan tombol Home di Front End menjadi Depan.

Selanjutnya tombol/menu bisa saudara ubah sesuai dengan kebutuhan atau apa yang saudara inginkan. Ok,untuk tutorial selanjutnya, next time 🙂

Merubah skin template joomla

 

Setelah kita berhasil instalasinya, dapat dijelaskan secara singkat bahwa Joomla terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian Front End dan bagian Back End.Front End adalah tampilan website kita yang nantinya akan dilihat oleh para user. Sedangkan Back End adalah tempat “dapur” kita dalam mengolah (edit, link, insert,update, dsb) untuk disajikan di Front End.Hebatnya CMS joomla kita dengan gampang dapat membuat web yang interaktif dengan merubah yang sudah ada di joomla. Sedikit trik dan modal design dengan photoshop maka kita dapat membangun web yang interaktif dari sisi visual dan programming.Ok, dari pada banyak cerita langsung aja skrg kita memulai memoles joomla kita.

Pertama kita harus masuk dulu kejendela back end. Untuk masuk ke halaman Back End admin ketikan di baris browsernya Continue reading

Instalasi Joomla

kemaren qt sudah melakukan instalasi wamp sebagai web server dalam pembuatan joomla qt.Nah sekarang qt melakukan instalasi joomlanya lagi. Sebelum memulai instalasi joomlanya, extract dulu joomla_stable_full_packagenya. yang bisa anda download disini. nah klo dah selesai downloadnya, sekarang ikuti aja tutoial ini.karna banyak gambarnya makanya didownload aja. Semangat dunk :)). Ok, met berasyik ria dengan joomla. Next time 🙂

Instalasi Wamp sebagai web server joomla

Membuat website saat ini bukanlah hal yang sulit, sekarang sudah ada cara yg instan, yaitu dengan menggunakan joomla. Joomla adalah salah satu CMS yang sekarang paling digemari, karena pemakaiannya mudah dan hasilnya juga bagus.Salah satu contoh web yg saya buat dengan joomla adalah ini.Isinya masih dikit sich, tapi mudah2an bisa aku perbaiki lagi :).Ok, dech dari pada banyak ceramah, mending sekarang kita langsung aja prakteknya. Cara pertama yang harus kita lakukan adalah instalasi Wamp sebagai web server localhost joomla. Wamp dapat anda download disini.Cara instalasi wampnya download aja disini ya.Sekarang langkah pertama instalasi wamp udah selesai, tinggal instalasi joomlanya lagi. Next time 🙂